Lilypie 1st Birthday Ticker
Wednesday, January 28, 2004
Pempek @bing
Di jalan Casablanca ujung, kalo masuk dari sudirman ada di sebelah kiri, deket gedung WTC, ada tempat makan pempek yg enak. Berhubung searah dengan jalan pulang ke rumah dari kantor, kalo lagi pengen aku pasti mampir ke situ. Namanya pempek "@bing" Tempatnya gak besar, cuman ditutupin spanduk besar aja, tp permanent kok. Ternyata di dalamnya cukup bersih. Ada 4 meja panjang dan beberapa bangku yang cukup penampung para pengunjungnya. Bisa order delivery kalo males pergi, atau pesen buat catering kalo lagi ada acara juga bisa.

Sebagian besar dari kita pasti pernah makan makanan khas dari Palembang ini. Selain rasanya yang khas, jenisnya pun beragam. Pertama kali coba pempeknya @bing saya langsug jatuh hati. Di @bing sendiri, yang dijual tidak hanya pempek, tapi juga ada tekwan yang enggak kalah nikmatnya plus kerupuk palembang sebagai pelengkapnya.

Dilihat dari daftar menunya, di belakang diberi keterangan jenis-jenis pempek. Nih aku kasih bocorannya, kalau2 mau makan pempek di sana, jadinya sudah tau mau pesen apa. Kalo aku sih suka semua....!! Hehehe ....

Kapal selam :
Pempek paling umum yang dikenal masyarakat. Berisi telur utuh, berbentuk seperti kapal selam, disajikan dengan saus cuka.

Lenjer :
Berbentuk silinder panjang, rasanya kurang lebih sama dengan kapal selam tetapi tidak berisi telur di dalamnya. Juga dihidangkan dengan saus cuka.

Tekwan :
Dijasikan dengan kuah udang, daun seledri bawang, bengkoang, jamur kuping, dll. Bagi penyuka rasa pedas, dapat ditambah dengan sambal dan juga dapat ditambah dengan bakso ikan kecil per porsi berisi 12 buah.

Model :
Pempek berisi tahu, yang disajikan dengan kuah yang sama dengan kuah tekwan tetapi bisa juga disantap dengan kuah cuka.

Lenggang :
Pempek yang dicampur dengan telur yang telah ditaburi sedikit lada dan garam, kemudian dipanggang disajikan dengan saus cuka.

Telor kecil :
Pempek kapal selam dalam versi mini dan disajikan dengan saus cuka.

Lenjer kecil :
Pempek lenjer dalam versi mini dan disajikan dengan saus cuka.

Adaan :
Pempek yang bentuknnya bulat berwarna kecoklatan dibuat dengan campuran santan dan bawang goreng di dalamnya. Disajikan dengan saus cuka.

Keriting :
Pempek berbentuk seperti kerupuk keriting. Menciptakan sensasi tersendiri di dalam mulut Anda. Disajikan dengan saus cuka dan biasanya disantap tanpa digoreng terlebih dahulu.

Pistel :
Pempek yang berisi pepaya muda yang telah ditumis. Disajikan dengan saus cuka dan biasanya disantap tanpa digoreng terlebih dahulu.

Kulit :
Pempek berbentuk seperti piring terbang (bulat dan pipih). Dibuat dari kulit ikan yang telah dibersihkan dan digiling. Disajikan dengan saus cuka.

Pempek Tahu:
Pempek berbentuk segitiga terbuat dari tahu dan adonan pempek Adaan yang ditempel di badan tahu. Disajikan dengan saus cuka.

Pempek Panggang :
Pempek yang dibuat melalui proses pemanggangan (bakar) dan bagian tengah pempek di isi dengan ebi.
 
posted by nyi2 at 10:16 PM | Permalink |